Array satu dimesi

Jumat, 06 Januari 2012

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Di kesempatan ini akan saya membagi ilmu tentang ARRAY. Suatu array adalah sebuah struktur data yang terdiri atas banyak variabel dengan tipe data sama, dimana masing-masing elemen variabel mempunyai nilai indeks. Setiap elemen array mampu untuk menyimpan satu jenis data (yaitu: variabel).
Cara pendefinisian
contoh type : A = array [1..6] of integer;



Secara logika pendefinisian array di atas merupakan sekumpulan kotak , dimana tiap kotak mempunyai nilai indeks integer 1, 2, 3, ...,6 


1
2
3
4
5
6

tiap elemen array ditandai dengan: A[1], A[2], A[3], A[4], A[5], A[6] untuk mengisi elemen array misal A[1]:=4;. Array merupakan struktur data yang statis, yaitu jumlah elemen yang ada harus ditentukan terlebih dahulu dan tak bisa di ubah saat program berjalan. Untuk menyatakan array dalam PASCAL kita harus terlebih dahulu: Mendefinisikan jumlah elemen array
Contoh. const N=10;
Type A= array [1..N] of integer

Pendefinisian array secara umum adalah sebagai berikut: jika kita ingin membuat beberapa array dengan tipe/jenis yang sama, kita lebih baik jika mendeklarasikan dengan type selanjutnya dengan deklarasi var.

Sekian yang ilmu yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, untuk sintax dan contoh array akan saya share di lain waktu, bila ada yang baik datang dari Allah SWT dan bila ada yang belum baik itu datangnya dari saya sendiri oleh karena itu saya minta maaf. Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar