Contoh Program Selection

Kamis, 08 Desember 2011

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Kali ini saya akan sedikit share apa yang saya ketahui tentang Program Selection. Program Selection merupakan salah satu proses program di samping sequential (pengerjaan secara berurut) dan repetition / looping. Dalam selection, program akan memilih bagian yang akan dijalankan (sehingga terdapat bagian yang tak dijalankan). Umumnya selection menggunakan IF ... THEN ... ELSE ..., akan tetapi terdapat pula CASE OF.
Penggunaan IF lebih umum digunakan bila terdapat pilihan yang tidak terlalu banyak  dan eksekusi baris program yang panjang.

contoh sederhana :

Program if;
uses wincrt;
var
a: integer;
begin
write ('bilangan= '); readln (a);
if ( a mod 2)=1 then
write ('genap')
else
write ('ganjil');
end.

mod 2 adalah untuk mengetahi sisa pembagian setiap nilai a dengan angka 2, contoh 9 dibagi 2 bersisa 1.
sekian dari saya, bila ada yang baik datang dari Allah SWT dan bila ada yang belum baik itu datangnya dari saya sendiri oleh karena itu saya minta maaf. Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar